Selasa, 26 Februari 2013

Italia, Si Negeri Pizza

Bendera Italia                                                                           Lambang Italia


Italia adalah negara yang ber ibukota di Roma, terletak di Eropa bagian tengah. Negara ini memiliki kepala negara seorang presiden (Giorgio Napolitano) dan kepala pemerintahan seorang perdana menteri (Mario Monti). Lagu kebangsaan Italia adalah, Il Canto Degli Italiani.Di negara ini bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Italia. Italia berbatasan dengan Prancis, Swiss, Austria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen. Wilayah Italia mencapai 301.338 kilometer persegi dan dipengaruhi iklim sedang. Italia adalah negara berpenduduk terbanyak ke-5 di Eropa dan ke-23 di dunia.

Negara ini juga memiliki daya tarik wisata, seperti perfilman, arsitektur, sampai fashion. Banyak juga orang-orang terkenal yang berasal dari Italia diantaranya, Leonardo da Vinci (Pelukis Monalisa), Niccolò Paganini (Virtuoso biola), Sophia Loren (Aktris yang memenangkan nominasi Academy Award sebagai akrtis terbaik), Guccio Gucci (Pendiri Gucci), Luciano Pavarotti (Penyanyi tenor), dan Antonio Vivaldi (Komposer biola). Negeri Pizza ini ternyata terkenal akan keju Mozarella nya yang lezat, juga produsen mobil Ferari. Itu semua hal-hal positif dari Italia, tapi ada juga hal negatifnya. Salah satunya Italia dikenal dengan mafia atau la cosa nostra dalam bahasa Italia. Mafia adalah suatu organisasi yang biasanya melakukan kejahatan seperti menyelundupkan narkoba. Anggota mafia disebut mafioso. Anggota mafia tidak boleh berkhianat, karena jika ketahuan, pemimpinnya tidak akan segan-segan membunuh anggotanya yang berkhianat itu. Tapi tenang saja... Mafia-mafia itu biasanya tidak mengganggu turis kok.. Jadi aman-aman saja jika kita ingin pergi ke Italia.










Antonio Vivaldi







Kota Milan, yang dikenal sebagai pusat mode di Italia, merupakan salah satu daya tarik dari Italia. Milan adalah kota utama disebelah utara Italia. Kota ini termasuk paling maju perekonomiannya. Milan memiliki penduduk kurang lebih 1,3 jiwa.

Di kota Roma terdapat salah satu situs sejarah yang menarik perhatian turis yaitu, Colloseum. Dulunya, Colloseum ini adalah arena gladiator. Pada zaman Kerajaan Romawi, Colloseum dipakai untuk pertunjukan pertarungan antara manusia dan binatang buas. Bagi orang zaman dulu melihat pertarungan itu sangatlah seru sehingga setiap kali diselenggarakan pertarungan, Colloseum tidak pernah sepi. Sayangnya, pada tahun 217 Colloseum rusak karena tersambar petir, meskipun itu tidak parah. Tapi, di tahun 442 dan 508 terjadi gempa yang membuat Colloseum rusak berat. Batu marmer digunakan untuk merenovasi Colloseum yang rusak berat hingga menjadi bangunan bernilai sejarah yang masih berdiri kokoh hingga detik ini.


 




Colloseum






Tidak hanya Colloseum yang menarik perhatian dari para turis. Ada juga Menara Miring Pisa yang terletak di kota Pisa. Menara Pisa terletak di belakang katedral. Ketinggian menara ini mencapai 55,86 meter dari permukaan tanah terendah dan 56,70 dari permukaan tanah tertinggi. Kelebaran dinfing bawahnya sekitar 4,09 meter dan puncaknya 2,48 meter. Bobot dari Menara Pisa ini adalah 14.500 ton dan memiliki 294 anak tangga. Pembangunan Menara Pisa ini memakan waktu hingga 200 tahun. Pengerjaannya dilakukan oleh Ronaldo Jeremiaso dan Ahmad Rezio Pahlevio, tapi mengenai arsitek Menara Pisa ini masih merupakan kontroversi.



Menara Pisa




Ada perahu yang terkenal di Italia yaitu, Gondola. Gondola ini biasanya beroperasi di sungai-sungai Venesia. Gondola akan membawa penumpangnya untuk melihat-lihat pemandangan Venesia dari sungai.

Terdapat juga kota Volterra yang pernah dipakai untuk syuting Twilight Saga: New Moon. Di Twilight Saga, Volterra digambarkan sebagai kota tempat kediaman para penguasa dunia vampir, Volturi.






Volterra saat dipakai sebagai lokasi syuting New Moon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar